4 Manfaat Website Bagi Desa

Di zaman dengan teknologi yang sudah canggih ini, masyarakat dituntut harus bisa bekerja sesuai dengan perkembangan zaman. Tidak terkecuali masyarakat desa, pemerintahan desa harus bisa menghadirkan informasi bagi masyarakat melalui media digital.

Untuk itu pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi meluncurkan ekstensi domain “desa.id” untuk deesa-desa yang ada di Indonesia yang dikelola langsung oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia atau yang biasa disebut PANDI.

Adapun berkas-berkas yang harus disiapkan untuk pendaftaran domain desa adalah:

1. SK Pengangkatan Kepala Desa dan Perangkat Desa yang ditunjuk untuk mengelola website

2. Surat Permohonan domain desa.id yang ditanda tangani Kepala Desa atau Sekretaris Desa

3. Surat Kuasa dari Kepala Desa atau Sekretaris Desa kepada pejabat desa selaku pengelola domain desa.

4. Kartu Identitas (KTP/SIM) Kepala Desa.

Biaya pembuatan domain desa ada 2 pilihan. Yaitu jika memilih 1 tahun, biaya yang dikenakan gratis. Namun jika memilih 2 tahun, biaya yang akan dikenakan adalah Rp. 55.000 per 2 tahun.

Ada 4 manfaat website bagi desa, yaitu:

1. Media mempromosikan desa dan potensinya

Website desa nantinya akan dilihat oleh jutaan orang yang terkoneksi internet. Inilah media yang tepat untuk mempromosikan keunikan desa dan potensi yang ada agar masyarakat luas bisa tahu. Informasi yang diberikan bisa mengenai kebudayaan, kekayaan alam, wisata, produk kerajinan masyarakat, UMKM, dan masih banyak lagi.

2. Media mempublikasikan kegiatan desa

Dengan adanya website desa, kegiatan desa bisa dipublikasikan sehingga banyak masyarakat yang tahu mana kegiatan yang akan dilakukan dan yang sudah dilakukan oleh desa.

3. Media pelaporan progres pembangunan desa

Pelaporan pembangunan desa juga bisa dipublikasikan di website, sehingga jika masyarakat ingin mengetahui sampai mana pembangunan desanya mereka bisa mudah mencari informasi.

4. Media Pengaduan dan Aspirasi Masyarakat

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan pemerintah desa melalui online, website desa bisa mejadi media pengaduan dan aspirasi bagi warga desa demi pembangunan desa yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *